Ridwan Kamil

BANDUNG, Jadwaleuro.com – Setelah diumumkan Menpora hari ini, Tim Transisi PSSI akan dikumpulkan pekan depan dan secepatnya melakukan komunikasi dengan FIFA. Walikota Bandung, Ridwan Kamil, menyatakan siap jika dia ditugaskan menemui FIFA.

“Kalau saya diminta lobi internasional saya sangat siap. Hubungan internasional saya banyak, mungkin saya bisa bantu mendudukan logika-logikanya,” sahut Ridwan Kamil.

Pernyataan tersebut diungkapkan Ridwan Kamil kepada wartawan di rumah dinasnya, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, Jumat malam (8/5/2015). Beberapa jam sebelumnya, pria yang akrab disapa Kang Emil itu masuk dalam daftar 17 nama anggota Tim Transisi PSSI bentukan Menpora.

Ridwan Kamil tidak membantah kalau salah satu alasan penunjukkan dirinya adalah hubungan dekatnya dengan Persib Bandung dan Bobotoh.

“Salah satunya (dekat dengan Persib dan Bobotoh). Menpora tahu saya dekat dengan sepakbola, saya main di Persib saat SMA. (Setelah) jadi walikota memberi dukungan moril pada Persib dan Bobotoh juga,” ucapnya.

Ridwan Kamil berharap seluruh pihak mau memberi toleransi untuk dilakukan perbaikan pada sepakbola nasional. Klub-klub disebutnya telah menjadi korban dengan terhentinya roda kompetisi.

“Kita berprasangka baik sajalah, kalau semua orang tidak memberi ruang (akan) susah beberes-beres. Kasihan klub-klub berhenti, memang menggaji pemain gampang. Katanya ada klub yang mau bubar karena gak ada sponsor, uangnya hanya datang dari pertandingan. Persib mah lumayan sudah kunci kontrak, (tapi) yang lain2-lain kan enggak begitu,” lanjutnya